Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Atau Dokumen Yang Dibutuhkan Pendaftaran Masuk Sekolah Ma'had Al Azhar Mesir

Konten [Tampil]

Ini adalah beberapa Contoh Surat, Format Surat Atau Dokumen Yang Dibutuhkan Untuk Proses Pendaftaran Masuk Sekolah Ma'had Al Azhar Mesir

contoh-surat-atau-dokumen-yang-dibutuhkan-pendaftaran-mahad-al-azhar-mesir

Contoh Surat Pengantar Sekolah

Surat pengantar sekolah untuk melanjutkan studi ke Al-Azhar di Kairo, Mesir adalah surat yang dibuat oleh pihak sekolah atau lembaga pendidikan asal siswa yang hendak melanjutkan studi di Al-Azhar University atau Ma'had Al Azhar Mesir, yang merupakan lembaga pendidikan Islam terkenal di Kairo, Mesir. Surat ini bertujuan untuk mengenalkan siswa kepada pihak Kemenag sebagai calon siswa atau mahasiswa yang berpotensi dan memenuhi persyaratan untuk melanjutkan studi di lembaga tersebut.

Surat pengantar sekolah untuk melanjutkan studi ke Al-Azhar Kairo biasanya berisi informasi sebagai berikut:
  • Identitas siswa: Surat tersebut akan mencantumkan nama lengkap siswa, nomor identifikasi siswa (jika ada), serta informasi kontak yang dapat digunakan untuk menghubungi siswa.
  • Latar belakang pendidikan: Surat akan menyebutkan riwayat pendidikan siswa di sekolah asal, termasuk informasi mengenai prestasi akademik yang telah dicapai, seperti nilai rata-rata atau peringkat di kelas.
  • Kepribadian: Surat dapat mencakup deskripsi tentang karakter atau kepribadian siswa yang relevan, seperti kemampuan berkomunikasi, kepemimpinan, atau keterlibatan dalam kegiatan ekstrakurikuler.
  • Alasan dan tujuan studi: Surat akan menjelaskan alasan mengapa siswa ingin melanjutkan studi di Al-Azhar, serta tujuan akademik atau karier yang ingin dicapai melalui studi di universitas tersebut.
  • Rekomendasi: Surat pengantar sekolah biasanya akan menyertakan rekomendasi dari pihak sekolah atau lembaga pendidikan asal, yang menyatakan bahwa siswa tersebut merupakan calon yang potensial untuk melanjutkan studi di Al-Azhar.
Surat pengantar sekolah untuk melanjutkan studi ke Al-Azhar Kairo Mesir penting untuk membantu siswa memperoleh persetujuan atau penerimaan dari pihak Al-Azhar sebagai syarat untuk melanjutkan studi di lembaga tersebut. Oleh karena itu, surat ini harus disusun secara baik dan akurat untuk memberikan gambaran positif tentang siswa dan memperkuat peluangnya untuk diterima sebagai mahasiswa di Al-Azhar.

Contoh Surat:
Unduh Contoh Surat Pengantar Sekolah

Contoh Surat Permohonan Rekomendasi Ke Kemenag Daerah

Surat permohonan rekomendasi sekolah ke Ma'had Al-Azhar Mesir Kementerian Agama (Kemenag) Daerah adalah surat yang diajukan oleh siswa atau calon siswa kepada sekolah asalnya, yang berisi permohonan untuk mendapatkan rekomendasi atau rekomendasi formal dari pihak sekolah untuk melanjutkan studi di Ma'had Al-Azhar di Mesir yang dikelola oleh Kementerian Agama Daerah atau Kemenag Daerah.

Surat permohonan rekomendasi ini bertujuan untuk meminta dukungan dan pengesahan resmi dari pihak sekolah dalam proses pendaftaran atau persiapan studi di Ma'had Al-Azhar Mesir, yang merupakan lembaga pendidikan tinggi Islam terkemuka yang terletak di Mesir dan di bawah pengelolaan Kemenag Daerah setempat.

Isi dari surat permohonan rekomendasi sekolah ke Ma'had Al-Azhar Mesir Kemenag Daerah umumnya mencakup informasi sebagai berikut:

  1. Identitas siswa: Surat akan mencantumkan identitas lengkap siswa, seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, nomor identifikasi siswa (jika ada), dan informasi kontak yang dapat digunakan untuk menghubungi siswa.
  2. Latar belakang pendidikan: Surat akan menggambarkan riwayat pendidikan siswa di sekolah asal, termasuk informasi mengenai prestasi akademik yang telah dicapai, seperti nilai, peringkat, atau penghargaan yang diterima.
  3. Alasan dan tujuan studi: Surat akan menjelaskan alasan mengapa siswa ingin melanjutkan studi di Ma'had Al-Azhar Mesir dan tujuan akademik atau karier yang ingin dicapai melalui studi di lembaga tersebut.
  4. Permohonan rekomendasi: Surat akan secara resmi meminta rekomendasi dari pihak sekolah untuk mendukung permohonan siswa dalam melanjutkan studi di Ma'had Al-Azhar Mesir dan meminta dukungan dalam proses pendaftaran atau persiapan studi.

Surat permohonan rekomendasi sekolah ke Ma'had Al-Azhar Mesir Kemenag Daerah penting untuk membantu siswa memperoleh dukungan resmi dari pihak sekolah dan meningkatkan peluangnya untuk diterima sebagai mahasiswa di Ma'had Al-Azhar Mesir. Oleh karena itu, surat ini harus disusun dengan cermat dan secara tepat, mengikuti ketentuan yang berlaku, dan memperlihatkan komitmen siswa dalam mengejar studi Islam yang lebih tinggi di Ma'had Al-Azhar Mesir.

Contoh Surat:
contoh-surat-permohonan-rekomendasi-ke-kemenag-daerah
Unduh Contoh Surat Permohonan Rekomendasi Ke Kemenag Daerah

Format Surat Pakta Integritas

Isi dari Surat Pakta Integritas ini adalah Dalam rangka mengurus rekomendasi belajar di luar negeri dengan ini menyatakan bahwa:
  • Tidak akan melaksanakan dan atau mengikuti kegiatan yang bersifat kaderisasi/latihan-latihan yang dilakukan oleh sekelompok orang atau organisasi yang bertentangan dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan negara lain;
  • Mentaati aturan dan hukum yang berlaku di NKRI dan negara lain;
  • Akan menjunjung tinggi harkat dan martabat sebagai bangsa Indonesia, dan tidak melaksanakan politik praktis/demontrasi/hal-hal yang mengganggu stabilitas negara lain;
  • Akan menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman, dan tidak akan terlibat dengan paham radikal;
  • Tidak akan terlibat dengan tindakan kriminal, tidak sebagai pengguna maupun pengedar minuman keras (miras), narkotika dan obat-obat terlarang (narkoba).
  • Apabila melanggar hal-hal yang dinyatakan dalam  PAKTA INTEGRITAS ini, bersedia menerima sanksi adminstratif dan menerima sanksi hukum sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.
Contoh Format Surat:
format-surat-pakta-integritas

Unduh Format Surat Pakta Integritas

Format Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen

Dengan ini menyatakan dengan sesunggunya bahwa semua informasi dan dokumen yang saya sampaikan dalam rangka permohonan surat rekomendasi belajar di luar negeri atas nama (diisi dengan nama lengkap). dengan nomor paspor (diisi dengan nomor paspor) dari satuan pendidikan (.........). adalah valid dan benar.

Apabila dikemudian hari ditemukan penipuan/pemalsuan/penyalahgunaan atas informasi dan/atau dokumen yang saya sampaikan tersebut, saya bertanggung jawab mutlak secara hukum dan bersedia dikenakan sanksi hukum sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Demikian surat pernyataaan ini saya buat dengan sebenarnya untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Contoh Surat:
format-surat-pernyataan-kebenaran-dokumen
Unduh Format Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen

Format Surat Pernyataan Walisiswa Ma'had Al Azhar Mesir

Dengan ini kami sebagai orang tua menyatakan bahwa akan bertanggung jawab sepenuhnya atas pembiayaan anak/ putera/i kami yang namanya tersebut diatas selama belajar di Mahad Al Azhar As-Sharif Cairo Mesir.

Contoh Surat:
surat-pernyataan-walisiswa-program-mahad-al-azhar-mesir


Unduh Format Surat Pernyataan Walisiswa Ma'had Al Azhar Mesir

Format Dokumen Yang Dibutuhkan Untuk Ke KBRI Kairo Mesir

01 Surat Pernyataan Orang Tua/wali Pelajar Ma’had Al-Azhar

  • Menyerahkan tanggungjawab pembinaan dan monitoring perkembangan pendidikan anak saya selama belajar di Mesir kepada pihak mediator.
  • Bersedia mentaati peraturan perundang-undangan yang terkait dengan hak didik dan perlindungan anak selama diluar negeri.
surat-pernyataan-orang-tuawali-pelajar-mahad-al-azhar

02 Surat Pernyataan Kesanggupan

  1. Bersedia untuk mematuhi semua petunjuk Perwakilan Republik Indonesia di Mesir, dan semua peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara tersebut selama belajar/mengikuti pendidikan/perkuliahan, serta semua peraturan yang ditetapkan oleh Sekolah/Perguruan Tinggi yang bersangkutan.
  2. Bersedia melaporkan perkembangan studi saya kepada Perwakilan Republik Indonesia di Mesir paling lambat tanggal 30 November setiap tahun.
  3. Sanggup membiayai seluruh kebutuhan saya selama di Mesir.
  4. Sanggup menaati peraturan dan Perundangan Pemerintah Republik Arab Mesir dan Pemerintah Republik Indonesia.
  5. Apabila ternyata tidak memenuhi ketentuan-ketentuan tersebut diatas, maka saya bersedia menerima sanksi tidak diperpanjang masa berlaku paspor yang saya miliki.
surat-pernyataan-kesanggupan-walisiswa-orang-tua


03 Surat Perihal : Pernyataan Perwalian Dan Kuasa

Mengurus dan membuat serta menandatangani segala sesuatu yang bersifat administrasi seperti surat menyurat dan hal-hal lain untuk keperluan anak kami tersebut di atas pada Konsuler Kedutaan Besar Republik Indonesia di Cairo Mesir.

surat-perihal-pernyataan-perwalian-dan-kuasa



Unduh Format Dokumen Yang Dibutuhkan Untuk Ke KBRI Kairo Mesir (3 File)

Demikianlah Contoh Surat Atau Dokumen Yang Dibutuhkan Pendaftaran Masuk Sekolah Ma'had Al Azhar Mesir. Jika terkendala di Download silahkan kontak No WA yang tertera dan kami akan kirimkan semua file dokumen yang dibutuhkan.

Posting Komentar untuk "Contoh Surat Atau Dokumen Yang Dibutuhkan Pendaftaran Masuk Sekolah Ma'had Al Azhar Mesir"